Penerimaan CPNS Kementerian BUMN Tahun 2014

 
 
 
 
Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung bersama Kementerian BUMN sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dengan ketentuan sebagai berikut:
Informasi Umum
Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar 1 (satu) kali dengan memilih pada 3 (tiga) jenis jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Pendaftaran lebih dari1 (satu) kali tidak akan terproses oleh sistem.
Proses seleksi dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap berikut:
1. Seleksi Administrasi;
2. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP); dan
3. Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang meliputi:
  1. Tes Kesehatan
  2. Assesment Psikologi
  3. Tes Penugasan
  4. Tes Wawancara
Lowongan Formasi
Pendaftaran CPNS Kementerian BUMN dibuka bagi pelamar umum untuk mengisi kebutuhan tenaga sejumlah 30 (tiga puluh) formasi dengan rincian sebagai berikut:
Penempatan semua CPNS pada jabatan-jabatan tersebut adalah pada Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.
Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2014 dapat dilihat dalam website resmi Kementerian BUMN www.bumn.go.id.
Pendaftaran CPNS dilakukan secara online melalui website panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id.
Seluruh pelaksanaan seleksi dilaksanakan di Jakarta.
Persyaratan Pelamar:
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Bertakwa kepadaTuhan Yang MahaEsa.
  3. Sehat Jasmani dan Rohani.
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil.
  7. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
  8. Bebas narkoba, tidak bertato dan tidak bertindik (kecuali wanita dengan 1 tindik di masing-masing telinga).
  9. Berusia antara 18 (delapan belas) tahun dan 28 (dua puluh delapan) tahun pada tanggal 1 Oktober 2014.
  10. Pada saat mendaftar, pelamar telah memiliki ijazah Sarjana (S1), Diploma Empat (DIV), atau Diploma Tiga (DIII) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/ Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan akreditasi bidang studi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  11. Pelamar dengan ijazah S2 dapat melamar pada kualifikasi jabatan S1 dengan menggunakan ijazah S1/DIV-nya, dan pelamar dengan ijazah S1/DIV dapat melamar pada kualifikasi jabatan DIII dengan menggunakan ijazah DIII-nya, dengan ketentuan setelah pelamar diangkat menjadi PNS Kementerian BUMN, ijazah S2 (bagi pelamar yang memiliki ijazah S2 pada kualifikasi S1/DIV) dan ijazah S1/DIV (bagi pelamar yang memiliki ijazah S1/DIV pada kualifikasi D3) tidak akan diakui dalam proses kepegawaian di Kementerian BUMN.
  12. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk Perguruan Tinggi Negeri dan 3,25 untuk Perguruan Tinggi Swasta (skala 4).
  13. Bagi lulusan Perguruan Tinggi (PT) dari luar negeri diharuskan melakukan konversi atas angka IPK ke skala 4 berdasarkan peraturan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) apabila tidak menggunakan skala 4.
  14. Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris dengan sertifikat TOEFL dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450 atau TOEFL-IBT (Internet-Based TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan nilai minimal 53 atau IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) dengan nilai minimal 5. Skor untuk prediction test dinyatakan tidak berlaku. Sertifikat TOEFL/IELTS masih berlaku sampai dengan tanggal 1 Oktober 2014.
Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS
Pendaftaran CPNS Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2014 secara online dimulai pada tanggal 20 Agustus s.d. 3 September 2014 melalui website www.panselnas.menpan.go.id dan www.sscn.bkn.go.id.
Kirimkan berkas lamaran kepada Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian BUMN Tahun 2014 dengan melampirkan:
Kartu/ Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2014.
Foto Copy KTP.
Surat pernyataan bahwa pelamar :
1) Sehat Jasmani dan Rohani.
2) Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
3) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta.
4) Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil.
5) Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
Foto copy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir yaitu :
1) Perguruan Tinggi Negeri disahkan oleh Rektor/ Dekan/ Ketua/ Direktur/ Pembantu Dekan Bidang Akademik;
2) Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi disahkan oleh Rektor/ Dekan/ Ketua/ Direktur/ Pembantu Dekan Bidang Akademik;
3) Pendidikan dari luar negeri dilengkapi dengan surat penetapan pengesahan/penyetaraan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
4) Ijazah sementara tidak berlaku.
Legalisir sertifikat akreditasi A atau B untuk jurusan/program studi pada tahun kelulusan dan masih berlaku yang dilegalisir Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
Copy sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku sampai dengan 1 Oktober 2014.
Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar. Tuliskan nama pelamar dan nomor registrasi di bagian belakang pas foto tersebut.
Lokasi dan jadwal pelaksanaan ujian TKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi administrasi di website www.bumn.go.id pada minggu ketiga bulan September 2014.
Informasi selengkapnya dapat dilihat di website Kementerian BUMN.
Title Post: Penerimaan CPNS Kementerian BUMN Tahun 2014
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: